Manfaat Jus Tomat Untuk Meringankan Sesak Nafas

Tuesday, October 11, 2016

Dari hasil penelitian para ahli terbaru, selain Manfaat Jus Tomat Untuk Meringankan Sesak Nafas, juga adalah melindungi tubuh terhadap kanker, menurunkan resiko penyakit jantung, dan memelihara kesehatan mata. Diantara jenis kandungan yang berkhasiat dalam buah tersebut adalah likopen yang merupakan zat antioksidan golongan karotenoid.
Juga berkat antioksidan yang disebut likopen tersebut, meminum jus tomat juga bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan likopen larut dalam lemak sehingga berguna untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada permukaan kulit seperti keriput.

Seperti halnya buah-buahan lain, khasiat dalam segelas jus tomat akan lebih optimal jika dicampur atau dikombinasikan dengan bahan-bahan pilihan. Jadi, jus tomat kombinasi buah tidak hanya membuat rasa jus semakin enak tetapi juga menambah kandungan zat gizi, nutrisi, dan vitamin di dalamnya.

Manfaat minum jus tomat bagi kesehatan tidak hanya bersumber dari fitonutrien likopen, masih banyak zat gizi dan zat non-gizi lain yang berkhasiat, seperti:
  • Provitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan asam folat.
  • Mineral kalium, kalsium, besi, belerang, dan fosfor.
  • Saponin, lutein, lycopene, dan caumarin.
  • Asam sitrat
  • Serat
Sangat direkomendasikan untuk merebus buah tomat selama beberapa menit sebelum mengolahnya menjadi saus, pasta, jus buah maupun kuliner lainnya. Hal ini disebabkan zat gizi (terutama likopen) dalam tomat akan keluar secara optimal akibat pecahnya dinding sel.

Manfaat Lain Jus Tomat Yang Perlu Anda Ketahui

Buah tomat rasanya asam, manis dan bersifat dingin. Khasiatnya untuk menghilangkan haus, antiseptik pada usus, pencahar ringan (laksatif), menambah nafsu makan dengan cara memperbanyak produksi air liur, merangsang enzim pencernaan, menurunkan resiko penyakit jantung, melancarkan aliran empedu ke usus dua belas jari, dan menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat lain yang terkandung dalam jus tomat adalah mengatasi perut kembung, susah buang air besar, tidak nafsu makan, meringankan sakit kuning, radang hati, sesak nafas (asma bronkial), radang saluran napas, radang tenggorokan, radang usus buntu, radang gusi, mengobati sariawan, ulkus lambung, wasir, mengatasi lemas akibat kadar glukosa darah rendah, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.